Perhatikan!!! Cara Membedakan Lowongan Kerja Asli dan Lowongan Kerja Palsu (Penipuan) - Lowongan Kerja Terbaru Indonesia 2021

Friday, January 29, 2021

Perhatikan!!! Cara Membedakan Lowongan Kerja Asli dan Lowongan Kerja Palsu (Penipuan)

INDOLOKER.NET - Di era digital ini sudah sangat banyak sekali perusahaan-perusahaan baik itu besar /menengah /kecil yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mempercepat kemudahan dalam proses bekerja, termasuk bagian HRD /Personalia perusahaan dalam merekrut para calon pekerjanya.

Hal ini harus di barengi oleh para pelamar /pencari kerja dalam proses melamar terhadap perusahaan-perusahaan tersebut agar dapat diterima sebagai calon karyawannya.

Salah satu hal penggunaan teknologi informasi ini adalah untuk menjauhkan adanya praktek suap /pungli /korupsi /kkn /penipuan dan lainnya yang dapat merugikan kedua belah pihak.

Akan tetapi kemudahan dalam menjalankan teknologi informasi ini juga sering banyak di salah gunakan oleh para penipu yang mencoba bertransformasi mengikuti perkembangan zaman dunia digital ini.

Jadi bagi para pelamar /pencari kerja tentu harus sangat berhati-hati, menggunakan teknologi informasi dalam proses melamar kerja bukan berarti kalian aman dari hal-hal yang merugikan itu.

Kalian harus jeli dan cerdas dalam memilah-memilih informasi yang ada, jangan sampai terkecoh oleh mereka para penipu ulung.

Lowongan kerja penipuan itu sangat mudah sekali untuk di bedakan dengan lowongan kerja asli, karena mereka tidak akan berasi memberikan indentitas asli mereka, jikalaupun berani berarti mereka siap dalam hal materi dan juga di tangkap polisi.

Berikut adalah cara membedakan ciri-ciri lowongan kerja asli dan lowongan kerja penipuan /palsu:


1. SMS
Yang pertama adalah menginformasikan lowongan kerja melalui SMS, hal ini mereka lakukan tentu untuk menjerat para calon korban yang baru mengenal dengan dunia teknologi informasi, jika ada SMS ini harusnya biarkan saja apalagi jiga anda tidak pernah melamar kerja lalu tiba-tiba ada SMS.

Jika kalian pernah melamar kerja dan mendapatkan SMS tentu hal ini bisa saja benar akan tetapi kalian juga harus teliti keabsahannya, apakah kalian benar melamar ke perusahaan tersebut, jika tidak hiraukan saja.

2. Email


Sama seperti SMS, teknologi informasi melalui email sering di salah gunakan oleh para penipu untuk menjerat para korban agar semakin percaya karena tidak semua orang mengerti cara mengunakan email dan itu menjadi kesempatan mereka.

Akan tetapi kita sebagai pelamar harus lebih cerdas daripada penipu itu. Email penipu biasanya hanya menggunakan email gratisan semacam Yahoo Mail dan Google Mail (yahoo.com, yahoo.co.id, gmail.com, hotmail.com, ymail.com, outlook.com dan lainnya yang biasanya umum)


Comments


EmoticonEmoticon